BEIJING – Pendapatan pasar cloud gaming, atau bermain gim melalui komputasi awan (cloud), di China diperkirakan tumbuh 135 persen pada tingkat tahunan gabungan dari 2020 hingga 2023, menurut prediksi sebuah laporan industri.
Perkiraan pertumbuhan pendapatan tersebut akan jauh lebih tinggi daripada rata-rata global yang mencapai 101 persen, menjadikan China sebagai salah satu pasar potensial terkemuka untuk cloud game, menurut laporan yang dirilis bersama oleh lembaga penelitian Tencent dan Newzoo, penyedia analisis game dan olahraga elektronik (e-sport) global.
Jumlah pengguna potensial cloud game di China akan mencapai 60,65 juta pada 2021, dan aktivitas paten di sektor cloud gaming meningkat 81 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada 2019, ungkap laporan itu.
Sebagian besar perusahaan teknologi besar di pasar luar negeri telah memasuki bidang cloud game. Selain itu banyak perusahaan kecil yang juga menyediakan layanan B2B dan B2C.
Seiring diaktifkannya fungsi televisi dalam hal pendidikan, pertemuan, hiburan, dan sosial selama periode pandemi dan pemulihan COVID-19, hiburan interaktif di ruang keluarga dapat memberikan peluang bagi pengembangan cloud gaming, sebut laporan itu. [Xinhua]