Lu Qi (kanan) berbicara dengan seorang staf di studio virtual milik Dawa Tech di Chongqing, China barat daya, pada 6 Mei 2022. (Xinhua/Wang Quanchao)
CHONGQING, 13 Juni (Xinhua) — Mengambil manfaat dari pengembangan infrastruktur jaringan dan digital lokal, sebuah perusahaan teknologi di Chongqing, China barat daya, mewujudkan metaversemenjadi kenyataan.
Di studio virtual Dawa, satu set perangkat sensor yang dipasang pada seorang staf menangkap gerakannya sehingga gambar virtual dapat dibuat melalui teknologi gambar waktu nyata (real-time). Gambar virtual ini dapat digunakan dalam gim video, acara ragam, dan skenario lain yang terkait dengan metaverse.
Perusahaan tersebut, Dawa Future (Chongqing) Imaging Technology Co., Ltd., berdedikasi untuk membangun sebuah platform metaversemenggunakan teknologi realitas virtual (virtual reality/VR), realitas yang diperluas (extended reality/XR), serta kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Dan mereka telah membuat kemajuan yang solid.
Skenario-skenario virtual yang diproduksi oleh perusahaan itu digunakan dalam banyak film populer, seperti film epos perang China “The Battle at Lake Changjin”.
“Dengan teknologi tangkap gerak (motion capture) dan XR, kami dapat melakukan syuting film kapan saja, siang atau malam, bagaimanapun cuacanya,” kata Li Chao, direktur teknis studio virtual Dawa.
Perkembangan Dawa di industri metaversedapat dikaitkan dengan infrastruktur jaringan dan digital Chongqing yang berkinerja baik.
Chongqing telah membangun sekitar 73.000 stasiun pemancar atau base transceiver station(BTS) 5G. Pada 2021, nilai tambah industri digital di Chongqing naik 27 persen, dan beberapa kawasan industri ekonomi digital didirikan di kota tersebut.
Di masa mendatang, Chongqing akan membangun sebuah kawasan industri dan lembaga penelitian untuk metaverse, mengeksplorasi inovasi teknologi mutakhir di bidang tersebut.
Metaversemenjadi magnet bagi investasi global, menampilkan jaringan dunia maya yang berfokus pada koneksi sosial. Teknologi-teknologi yang relevan diterapkan secara luas dalam sektor hiburan, gim, pendidikan, dan industri lainnya. [Xinhua]